Alur Verval NUPTK
Ini info yg prnah saya baca, mgkin bisa bermanfaat :
Jika kita baca prosedur dan alur prosesnya di situs Padamu Negeri
sebenarnya sudah jelas, namun mungkin masih ada yang bertanya-tanya
bagaimana langkah/cara VerVal NUPTK 2013 dan apa yang harus dilakukan
oleh PTK untuk VerVal NUPTK 2013. Khusus operator sekolah harus lebih
memahami, karena kegiatan ini nantinya akan banyak melibatkan operator
sekolah walaupun PTK juga harus secara mandiri melengkapi datanya secara
online. Nah..berikut ini langkah-langkah yang dilakukan oleh operator
dan atau PTK ....
Langkah 1 : Pengambilan dan Penyerahan Formulir A01, A02, A03, A04
• Masing-masing PTK mengunduh formulir di http://padamu.kemdikbud.go.id/, cara cek NUPTK dan unduh formulir, dapat dilihat DISINI
• Untuk Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan ada 3 kemungkinan
formulir yang dihasilkan, yaitu formulir A01, A02, atau A03, tergantung
kelengkapan data NUPTK. Jika NUPTK sudah aktif di sekolah induk, maka
akan mendapatkan formulir A01. Untuk Pengawas dipastikan hanya akan
memperoleh Formulir A04.
• Isi data pada formulir dengan lengkap,
dilampiri Pas Foto Berwarna 4x6 1 lembar, Fotocopy Akte Kelahiran 1
lembar, Fotocopy Ijazah SD 1 lembar, Fotocopy Ijazah Terakhir 1 lembar,
dan Fotocopy SK Pengangkatan.
• Formulir yang sudah diisi harus benar-benar lengkap kemudian diserahkan kepada Admin/Operator Sekolah beserta lampirannya.
• Admin/Operator Sekolah menerima formulir dari PTK, menyeleksi jenis
formulir PTK, khusus formulir A01 akan ditangani langsung oleh operator
sekolah, sedangkan formulir A02, A03 diteruskan dan diserahkan kepada
operator Disdik Kabupaten.
Langkah 2 : Aktivasi Akun, Pencetakan Tanda Bukti VerVal dan Pengisian Formulir Secara Online
A. Aktivasi Akun dan Tugas Operator Sekolah
• Operator sekolah mendapatkan lembar aktivasi yang berisi User ID dan kode aktivasi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten.
• Jika baru pertama kali masuk, lakukan aktivasi terlebih dahulu dengan
cara memasukkan User ID dan Kode Aktivasi, ikuti langkah-langkahnya dan
lengkapi datanya.
• Operator menerima formulir A01 dari PTK
• Mengecek kelengkapan data, jika masih ada yg belum lengkap maka dikembalikan ke PTK untuk dilengkapi ulang.
• Login di http://padamu.siap.web.id/ dan mencari data PTK berdasarkan "Kode pada Formulir" (contoh kode : 272FG426)
• Jika data PTK tidak ditemukan dalam sistem, maka operator memberikan
formulir A02 kepada PTK dan PTK menyerahkan kembali kepada Operator
Disdik Kabupaten.
• Jika data ditemukan operator mencetak Tanda Bukti VerVal Lv.1 dan memberikannya kepada PTK.
• Menunggu proses verifikasi dan validasi formulir PTK A02 dan A03 oleh
Disdik Kabupaten yang akan diproses menjadi formulir A01.
•
Menerima formulir A01 dari PTK yang sudah diverifikasi Dinas Pendidikan
Kabupaten, memprosesnya dan mencetak Tanda Bukti VerVal Lv.1
B. Aktivasi Akun dan Tugas PTK
• PTK yang sudah mengisi dan menyerahkan Formulir A01 ke Operator Sekolah, akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.1.
• Pada lembar VerVal Lv.1 terdapat Kode Aktivasi.
• Jika pertama kali masuk, PTK harus mengaktivasi akunnya secara mandiri secara online di http://padamu.siap.web.id/ dengan memasukkan User ID dan Kode Aktivasi.
• Setelah berhasil login, PTK selanjutnya melakukan pengisian data
rinci NUPTK, melengkapi Formulir isian EDS (Evaluasi Diri Sekolah)
•
Setelah data dilengkapi, PTK mengunduh berkas isian dan mencetak kode
VerVal Lv.2 dan menyerahkannya ke Operator Sekolah atau Operator
Kabupaten untuk diproses lebih lanjut.
C. Aktivasi Akun dan Tugas Operator Dinas Pendidikan Kabupaten
• Memberikan lembar aktivasi akun kepada Sekolah di wilayahnya.
• Menerima Formulir A02/A03/A04 dari PTK. PTK yang mendapatkan Formulir
A02 karena dianggap tidak aktif di sekolah induk, sedangkan PTK yang
mendapatkan Formulir A03 adalah PTK yang dianggap berada di sekolah
induk tetapi belum diverifikasi. Formulir A04 hanya untuk Pengawas
Sekolah.
• Operator melakukan aktivasi akun, kode aktivasi akun yang diterima dari LPMP digunakan untuk login di http://padamu.siap.web.id/
• Memproses Formulir A02 dan A03 dari PTK dan Formulir A04 dari
Pengawas, mengecek kelengkapan data, jika masih ada yang belum lengkap
maka dikembalikan ke PTK, kemudian
• Melakukan login http://padamu.siap.web.id/,
mencari data PTK berdasarkan kode di formulir, melakukan verifikasi
terhadap sekolah induk, kemudian mencetak Formulir A01 dan memberikannya
kepada PTK yang menyerahkan Formulir A02 dan A03 tersebut untuk
diproses di tingkat sekolah oleh Operator Sekolah.
• Mencetak dan memberikan Tanda Bukti VerVal Lv.1 kepada PTK yang menyerahkan Formulir A04 (Pengawas Sekolah).
Langkah 4 : Verifikasi dan Validasi (VerVal) Formulir Online dengan Berkas
• Alur ini dilakukan oleh operator sekolah dan operator dinas
pendidikan setelah menerima Pengajuan VerVal Lv.2 berupa kode VerVal
dari PTK
• Setelah melakukan verifikasi dan validasi hasil isian
PTK, operator memberikan Tanda Bukti VerVal Lv.2 kepada PTK. Dengan ini
berarti NUPTK yang bersangkutan dinyatakan Permanen Aktif.
Wah..panjang juga prosesnya ya.. tapi kalau kita pahami langkah dan
tugas yang harus dilakukan oleh masing-masing PTK, operator sekolah, dan
operator dinas pendidikan, mudah-mudahan proses pemutakhiran dan
aktivasi NUPTK dapat berjalan dengan lancar. Demikian yang dapat saya
sampaikan mohon koreksi jika ada kesalahan, terimakasih, salam
persahabatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar